Posted by : Muhammad Nor Falaah Tuesday, April 2, 2013

"pohon kelapa ini pada setiap harinya memproduksi oksigen berapa kubik sehingga udaranya sangatlah segar dan membawa kehidupan tampak asri dan alami, tapi sayang sekarang manusia malah menyulap jadi gedung-gedung tinggi, sehingga udara-udara di lingkungan sekitar banyak mengandung polusi dan panas"

JENIS DAN MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM

Jenis-jenis kurikulum
·        Ideal kurikulum yakni kurikulum yang masih berbentuk keinginan atau cita-cita dalam mencapai standart pendidikan.
·        Aktual kurikulum yakni merupakan hasil dari lanjutan dan pengembangan ideal kurikulum.
·        Written curriculum yaitu kurikulum yang tertulis berupa dokumen-dokumen yang berisi progam pembelajaran.
·        Hidden curriculum adalah kurikulum yang tidak disengaja dipelajari oleh peserta didik.
·        Intracuriculer adalah kurrikulu yang duprogamkan dan dilaksanakan oleh pendidik di ruang kelas secara terjadwal berdasarkan kurikulum yang ditetapkan.
·        Co-curriculer adalah kurikulum yang diprogamkan untuk mendukung program yang ditetapkan dalam intracuriculer dan dilaksanakan oleh pendidik di dalam ruang-ruang kelas secara terjadwal.
·        Extracurricular yaitu kurikulum yang dilaksanakan di luar jam mata pelajaran sekolah.
·        Null Curriculum yakni sesuatu yang tidak diajarkan oleh pihak sekolah, yang mengadung pesan bagi para peserta didik bahwa hal itu dianggap tidak penting.


Model pengembangan kurikulum
Model pengembangan kurikulum adalah bentuk kurikulum yang menyempurnakan kurikulum yang telah ada. Jadi setiap hari, bulan, dan tahun bahkan sewaktu-waktu bisa berubah seiring zaman selalu berkembang dan berkembang. Dan saat ini sebenarnya banyak dari para pakar ilmuan yang menawarkan model-model perkembangan kurikulum. Salah satunya adalah model beauchamp”s system.

Menurut beaucham, orang yang terlibat dalam pengembangan kurikum adalah para ahli pendidikan yang ada pada pusat pengembanga kurikulum dan para ahli dari bidang ilmu luar, para ahli pendidikan dari perguruan tinggi atau sekolah dan guru-guru terpilih, para profesional dalam system pendidikan, dan professional lain dari tokoh-tokoh masyarakat.

Memang dalam rangka pengembangkan kurikulum pendidikan sangatlah membutuhkan para ahli banyak karena ini merupakan kebutuhan orang banyak juga. Sebelum merumuskan model pengembangan kurikulum maka perlu memperhatikan langkah-langkah tersebut. 1) Membentuk tim pengembangan kurikulum. 2) Mengadakan penilaian atau penelitian terhadap kurikulum yang ada dan yang sedang digunakan. 3) Studi penjagaan kemungkinan penyusunan kurikulum baru. 4) Merumuskan kriteria-kriteria bagi penentuan kurikulum baru.

Sebenarnya masuh banyak model para tokoh yang perlu dijelaskan. Berikut adalah model pengembangan kurikulum dan julukan model gagasan mereka :
·        Model Tyler : mengemukakan empat dimensi yang dapat dikembangkan dalam sebuah kurikulum, yaitu : tujuan pendidikan dan pembelajaran, materi ajar, pengalaman belajar, evaluasi.
·        Model Hilda Taba : pengembangan kurikulum yang ilmiah menggambarkan analisis-analisis dari masyarakat dan budaya, mempelajari tentang anak didik dan proses belajar serta menganalisa hakikat pengetauan untuk menentukan tujuan-tujuan sekolah dan kurikulum.
·        Model D.K Wheeler : menurutnya terdapat lima prosedur dalam pengembangan kurikulum : seleksi maksud; seleksi pengalaman belajar; seleksi isi; organisasi dan integrasi dari pengalaman belajar dan isi; evaluasi terhadap setiap fase dan masalah-masalah tujuan.


RESUMAN DARI BUKU PERKEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB TEORI & PRAKTEK
NAMA PENGARANG : ABDUL MUTHOLIB S. Ag, M. Pd.
PENERBITAN DAN PENGESAHAN : STAIN KUDUS 2009

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

- Copyright © Lautan hikmah FalaahismE -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -