Posted by : Muhammad Nor Falaah Tuesday, April 2, 2013

 
menulis adalah senjata super untuk menurunkan ilmu sampai anak cucu dan jangan biarkan anak anda sesat hanya gara-gara bodoh dan tidak tahu ilmu. ada banyak alasan mengapa ada kebenaran relatif namun dibalik itu semua temukanlah kebenaran haqiqi. Wallahu a'lam bish showab
PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
Prinsip adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang menjadikan seseorang atau kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak.

Dalam pengembangan kurikulum ada beberapa prinsip-prinsip dasar yang harus kita prhatikan, agar kurikulum yang kita jalankan dan berjlan sesuai yang kita harapkan.

Menurut Asep Herry Hernawan mengemukakan lima prinsip dalam pengembangan kurikulum:
·           Prinsip Relevansi, maksudnya bahwa pendidikan dapat diartikan sebagai kesesuaian atau keserasianpendidikan dengan tuntutan kehidupan.
·         Prinsip fleksibilitas, yang di maksud prinsip ini adalah bahwa kurikulum yang di kembangkan harus memiliki sifat luwes, lentur dantidak kaku.
·        Prinsip kontinuitas, prinsip kontinuitas menghendaki adanya kesinambungan dalam kurikulum yang di kembangkan baik secara vertikal maupun horizontal.    
·        Prinsip efisiensi, prinsip ini menghendaki agar dalam pengembangan kurikulum dapat mendayagunakan waktu, biaya dan sumber sumber lain yang ada secara optimal, cermat, dan tepat sehingga hasilnya memadahi.
·        Prinsip efektifitas, prinsip ini mengharuskan kegiatan pengembangan kurikulum mencapai tujuan dan kurikulum yang di kembangkan memiliki daya efektifitas yang signifikan bagi pencapaian tujuan-tujuan pendidikan yang ingin di capai.

FUNGSI DAN PERANAN KURIKULUM
Alexander Inglis (1981) mengemukakan enam fungsi kurikulum :
·        Fungsi Penyesuaian : kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu mengarahkan siswa agar memiliki well adjustment yaitu mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial.
·         Fungsi Integrasi : kurikulum harus mampu menghasilkan pribadi-pribadi yang memiliki kepribadian yang dibutuhkan untuk dapat hidup dan berintegrasi dengan masyarakatnya.
·        Fungsi Diferensiasi : kurikulum harus mampu memberikan pelayanan terhadap perbedaan individu siswa.
·        Fungsi Persiapan : kurikulum harus mampu mempersiapkan siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.
·        Fungsi Pemilihan/ seleksi : kurikulum harus mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih program-program belajar yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
·        Fungsi Diagnostik : kurikulum harus mampu membantu dan mengarahkan siswa untuk dapat memahami dan mengarahkan siswa untuk dapat memahami dan menerima kekuatan (potensi) dan kelemahan yang dimilikinya.

Terdapat tiga peranan kurikulum yang dinilai penting : (1) peranan konservatif; (2) peranan kritis atau evaluatif; (3) peranan kreatif. Ketiga peranan tersebut secara umum mengisyaratkan bahwa kurikulum merupakan perangkat yang diyakini memiliki posisi strategis untuk menyemaikan kepentingan dan membentuk konsepsi dan perilaku individu/ peserta didik.

RESUMAN DARI BUKU PERKEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB TEORI & PRAKTEK
NAMA PENGARANG : ABDUL MUTHOLIB S. Ag, M, Pd 
PENERBITAN DAN PENGESAHAN : STAIN KUDUS 2009

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

- Copyright © Lautan hikmah FalaahismE -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -